20 September 2010

Peluang Dalam Perkembangan Teknologi

Pada perelatan Nokia World 2010 di London, Sir Timothy "Tim" Barners-Lee, founders World Wide Web mengatakan bahwa dari seluruh pengguna internet 80 persen mengaksesnya dari perangkat mobile sedangkan 20 persen lainnya menggunakan personal computer. ini menunjukan bagaimana dunia internet dan mobile gadget mengalami kawin silang yang sangat sempurna. Kemudahan akses kepada informasi bercengkrama mesra dengan perangkat mobile yang handy dan mudah digunakan dimana saja dan kapan saja.

Kenyataan ini memberikan kesempatan dan peluang yang luas bagi para pengembang aplikasi dan layanan untuk terus berinovasi dengan berbagai kemungkinan yang dapat diciptakan melalui kombinasi yang semakin luas digunakan penduduk dunia. Selain kegiatan browsing melalui perangkat mobile, pengguna smartphone atau pocket PC juga memenuhi kebutuhan bisnis, game dan social networking dengan menggunakan perangkat mobile. Ini disebabkan secara ekonomis terhitung lebih murah dan mendapatkan layanan lebih dari sekedar SMS atau telfon sebagai core service perangkat mobile.


Jika kita mencoba googling tentang perkembangan aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile, kita akan menemukan jutaan orang telah mendevelope berbagi aplikasi, baik yang hanya merubah tampilan user interface hingga memberikan fitur tambahan. Sayangnya dari Indonesia belum banyak yang ikut berkecimpung mengembangkan aplikasi mobile ini. mungkin itu juga yang menyebabkan sangat sedikit bahkan hampir tidak ada aplikasi mobile yang berbasis bahasa indonesia. Padahal prosentase pengguna mobile device di Indonesia untuk mengakses internet sangat tinggi.

Ini peluang yang baik bagi para pengembang aplikasi yang mau serius bergerak dibedang Mobile aplikasi. Langkah awal yang paling sederhana adalah menyediakan Icons set untuk aplikasi yang ada di Iphone. lebih lengkap dapat dicari informasinya di internet. Satu lagi yang paling penting di Ingat, India adalah negara dengan tingkat pendidikan dan perekonomian yang masih dikategorikan negara ketiga atau negara miskin. Namun dalam dunia teknologo informasi dan internetworking, India sudah jauh berkembang dibanding negara Indonesia tercinta. Tidak malu kalo cuma internetan buat Facebook dan Twitter doank!!??

No comments: