07 August 2010

Drive Your Car Carefuly

Dalam perjalanan hidup, kita seperti mengendarai sebuah mobil. Kita memegang kemudi dan menatap kedepan. Adakalanya seseorang atau beberapa orang ikut menumpang dimobil kita. Entah karena mereka memang tidak dapat mengemudikan mobil, atau mereka memang tidak memiliki mobil sendiri. Terlepas dari itu semua kita kembali kepersoalan bila kita yang menjadi pengemudinya.
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengemudi.Salah satunya kemampuan mengkoordinasikan kaki tangan mata dan kemampuan memperhitungkan segalanya dalam hitungan sepersekian detik.
Bukan hal mudah bagi seseorang yang baru belajar mengemudi. Tapi bagi seseorang yang telah mahir, alam bawah sadarnya telah merekam milyaran memori tentang kemungkinan dan segala antisipasinya yang mungkin jumlahnya seribu kali lipat. Mari beri standing applaus untuk alam bawa sadar kita.

Beberapa hal yang terlewatkan bila kita menganalogikan menjalani kehidupan seperti mengendarai sebuah mobil adalah ketika kita menjadi penemudi yang benar atau menjalani kehidupan dengan benar. Akan ada berbagai macam pantangan bila sedang mengemudi seperti naik ke atas atap mobil, membersihkan jok belakang, mencuci mobil dan lain lain ketika sedang mengemudi. Berarti segala sesuatu yang sifatnya melepaskan tangan, kaki, pandangan dan posisi duduk dari yang seharusnya ketika mengemudi sangat diharamkan. Termasuk melihat sebenarnya seperti apa bentuk mobil kita, warna mobil kita atau sekedar menyimak komentar-komentar orang mengenai mobil yang kita kendarai. Kalau kita mau menjalani kehidupan ini secara benar.

Sekarang saatnya kita mengurangi kecepatan, menepikan mobil yang kita kendarai sambil menjawab sesingkat mungkin pertanyaan dari seorang atau beberapa penumpang yang berada didalam mobil yang menanyakan mengapa kita mengurangi kecepatan dan menepikan mobil. Pada saat ada tempat yang memungkinkan kita untuk berhenti, pastikan handbrake terpasang dan mesin dalam posisi tidak menyala. Keluarlah dari dalam mobil kemudian berjalanlah memutari seluruh bodi mobil sambil memperhatikan keempat roda. Ambil posisi didepan mobil lalu tarik nafas dalam perlahan dan hembuskan dengan perlahan juga. Ambil sebotol air mineral kemudian berjalanlah sekitar sepuluh meter dari mobil kearah manapun. Duduk dengan santai lalu teguklah air dari botol mineral yang anda ambil dari mobil tadi sekali atau dua kali hingga dahaga sedikit berkurang kemudian perhatikan beberapa mobil yang lewat.

Pada saat inilah berikan pertanyaan pada diri sendiri, kapan kita benar-benar hidup? Ketika mengemudikan sebuah mobil atau ketika berhenti? Jangan lupa untuk membaca paragraph pertama kembali setelah menjawab pertanyaan tersebut.

Delicious
Bookmark this on Delicious

(juga dimuat di http://kastilbiru.com/

No comments: