17 November 2010

Mari Mengembangkan Usaha

Mengembangkan usaha dapat melalui berbagai macam cara. Karena memang pada dasarnya memiliki usaha itu berkutat dengan berbagai hal sehingga kalo mau mengembangkan usaha, banyak yang harus dikembangkan. Contohnya yang paling gampang diferensiasi pada bidang usaha.


Sama-sama warung kopi yang hanyamengandalkan jasa, tempat cangkruk, angkringan, warkop atau apa sajalah namanya, berusah untuk menawarkan sesuatu yang beda. seperti yang mungkin sudah banyak kita tahu, di Jogja banyak angkringan yang memberikan laayanan free wifi setelah sebelumnya memberikan bonus teh tawar gratis sebagai nilai tambah nyangkruk di tempat itu. berbeda lagi Warless Guevara punya teman lama saya Bayu "makmun", beliau punya Shisa yang ditawarkan untuk menemani pelanggan ngobrol ngalor ngidul di depan Pasar pucang Surabaya.


Dan yang terbaru adalah warung makan milik teman kuliah saya yang sampai saat ini juga sama-sama belum lulus kuliah. menawarkan layanan gabungan antara nambah nasi sepuasnya dan free wifi. Penambahan nilai jual warungnya dirasa perlu karena letaknya yang berada didalam gang didaerah Semolowaru. Bukan macam lapak rumah makan padang di pinggir jalan atau tepat ditikungan perempatan besar. jadi untuk menjaring pelanggan harus memberikan alasan yang jelas kenapa setipa pembeli harus susah payah blusukan kedalam gang hanya untuk membeli makan.

Apapun yang dipilih tentu punya maksud dan tujuan serta pasti akan ada pengorbanan yang harus dilakukan. Dan sekali lagi untuk mengembangkan usaha banyak cara yang bisa ditempuh karena memiliki usah adalah berkutan dengan banyak hal untuk mencapai sebuah tujuan,... makan.

No comments: