22 August 2013

Antara Freelancer, Bangun Pagi dan Mood

Sebenarnya hal ini telah menjadi perhatian, atau lebih tepatnya keprihatinan freelancer di seluruh dunia. Ditunjukkan dengan berlimpahnya artikel yang mengulas tentang pola hidup dan pola kerja seorang freelancer dengan bangun pagi secara keterkaitan, tata cara, tips dan trik hingga kerugian dan keutungannya. Mau yang berbahasa asing ataupun yang berbahasa Indonesia. Saya bisa mengatakan demikian karena saya pernah melakukan pencarian dengan kuantitas dan kualitas yang menurut saya cukup.

Kesimpulan yang dihasilkan dari semua tulisan selalu sama. Bukan mengenai bagaimana tapi mengenai siapa. Bila ini mengenai anda, ya andalah yang bisa memberikan perbedaan dan bila ini menenai saya, hanya saya yang mampu menentukan apakah pada suatu hari saya akan bangun pagi atau siang. Kenyataan yang membuat pesimis setiap pemikiran mengenai strategi yang akan dilakukan supaya bisa bangun pagi.

Lalu apa poin pentingnya?

Saya mengambil jalur memutar untuk menemukan solusi bagaimana bangun pagi atau lebih tepatnya cara terbaik untuk bangun pagi. Tidak bisa dilakukan sorang diri, tapi menggantungkan nasib pada orang lain sama halnya dengan menyalahkan mereka ketika kita terlambat menemui seorang klien. Satu satunya cara adalah pengkondisian keadaan. karena hanya itu yang bisa kita lakukan.

Cara untuk bisa bangun pagi, berdasarkan pengalaman saya adalah dengan membuat keadaan tidur kita sangat tidak nyaman. bila kita punya janji untuk bertemu dengan seseorang pagi hari, maka kita melilih tidur ditempat yang paling tidak nyaman agar mudah bangun. misalnya dikursi sambil duduk, atau dilantai yang dingin. Tapi tips bangun pagi bagi freelancer seperti ini sangat tidak disarankan karena kemungkinan untuk bisa bangun pagi sebesar kemungkinan anda tidak bisa istirahat dengan baik atau malah terserang penyakit.

Keadaan tidak nyaman yang ingin kita ciptakan harus sangat presisi, bukan tidak nyaman sepanjang kita tidur, tapi hanya tidak nyaman pada saat seharusnya kita bangun. Misalnya bagaimana membuat tidur kita tidak nyaman pada pukul 05.00. inilah beberapa diantara cara bangun pagi yang saya jalankan.

  • Memasang timer pada AC untuk semakin dingin atau mati pada pukul 05.00 sehinnga ketika suhu ruangan semakin dingin atau semakin panas, yang mana yang memuat anda tidak nyaman membuat anda terbangun. Jangan lupa untuk meletakkan remote AC di laci lemari yang dikunci dan kuncinya ditempat yang membutuhkan kesadaran total untuk mencari
  • Meletakkan jam waker di kamar mandi, karena anda harus berjalan dan sangat bangun untuk mematikan alarm yang dipasang pada jam tersebut
  • Seting TV atau Radio untuk menyala otomatis pada jam yang anda inginan, pastikan volumenya anda set maksimal untuk cukup mengganggu.
  • Ikatkan pergelangan anda ujung dipan, ini membuat setiap gerakan anda dalam tidur selalu membangunkan anda. 
  • Beli rumah yang bertetangga dengan orang yang suka bangun pagi, biasanya seorang pegawai sebuah perusahaan atau keluarga yang memiliki banyak anak. pastikan tempat tidur anda pada bagian yang menempel dengan tetangga tersebut
Cobalah beberapa tips bangun pagi bagi freelancer diatas dan ceritakan bagaimana hasilnya. semoga membantu.

No comments: